The Voice of Women in Bali

Definisi MDG’S masih banyak orang yang tidak paham tentang apa itu MDG’S. Singkatan dari Milenium Development Goal’s, atau prioritas pembangunan utama yg akan dilakukan. Sesuai degan kesepakatan dalam konferensi PBB di tahun 2000. Ada 8 goal yg akan diunggulkan diselesaikan permasalahannya di tahun 2015. Adapun 8 goal itu yaitu  :
1.    Kemiskinan  (pengentasan kemiskinan)
2.    Pendidikan (pendidikan utk semua/PUS)
3.    Mendorong kesetaraan bagi perempuan/gender, tema ini menjadi focus bagi PSW juga Bali Sruti.
4.    Menurunkan angka kematian bayi
5.    Menurunkan angka kematian ibu
6.    Penanganan HIV/AID
7.    Pelestarian lingkungan hidup
8.    Membangun networking global
Indonesia ikut juga dalam menyetujui MDG’S, target harus tercapai di 2015. Terkait degan focus ke 3 program MDG’s, targetnya adalah pencapaian IPG (indeks pembangunan gender) setinggi-tingginya. Terkait kondisi kesetaraan gender di Bali, terkait dengan budaya Bali, Karena itulah hasil MUDP itu merupakan bagian dari tercapainya target MDG’s, yaitu tentang hak waris bagi perempuan Bali.
Seperti diketahui, bahwa budaya Bali menganut paham patrilinial, yang mengakibatkan perempuan Bali, sebagian besar tidak dapat memiliki hak waris secara adat. Memang di beberapa daerah, dimungkinkan perempuan dalam perkawinan berkedudukan sebagai purusa, tapi tidak berlaku di seluruh daerah Bali. Karena itu hasil kesepakatan MUDP, member peluang utk memberikan kesetaraan gender bagi perempuan Bali.
Diharapkan juga degan adanya kesepakatan MUDP juga, keluarga Bali yang fanatic degan idiologi gender yg menempatkan nilai anak laki2 lebih utama, dapat berubah, karena konsep seperti itu berimplikasi kepada kesempatan menempuh pendidikan bagi anak perempuan yg lebih rendah daripada anak laki2. Karena itu diharapkan perempuan Bali akan mendapat kesempatan pendidikan yang sama dgn laki2, sehingga akan mendorong kesetaraan gender. Terkait dengan itu, untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam keluarga Bali, dapat diberikan hak yang sama bagi anak laki-laki dan perempuan. Yaitu terutama dalam hak waris.

Post by admin Berita, Perempuan di Bali 15 Jan, 2011 Comments (0)
Tidak ada Komentar

Belum ada komentar.

Leave a comment